Kamis, 21 April 2016

Curhatan Mahasiswi Semester Akhir

Tuesday, 01 March 2016
Emang kalau yang namanya gak kuliah selama 6 bulan itu gak berasa tau-tau udah harus kuliah lagi dengan kenyataan bahwa saya sudah semester akhir. Banyak perubahan sistem yang membuat kami kebingungan untuk mengikuti prosedur tersebut.
Sempat panik karena saya dapat pernyataan bahwa masih ada satu mata kuliah yang belum diambil. Padahal saya sudah ambil mata kuliah itu. Setelah saya email ke dosen yang bersangkutan ternyata sistemnya memang sedang error. Sampai akhirnya saya dinyatakan dapat mengikuti skripsi tahun ini.

Alhamdulillah senangnya bukan kepayang...Karena skripsi kali ini emang saya nantikan selama 7 tahun. Hahahahaha... Pasti kalian bingung kenapa saya lama sekali gak selesai kuliah. Maklumlah namanya juga kuliah sambil kerja, Yaaa banyak godaannnya ini itu. Makanya gak kelar-kelar. Kadang ada masalah di kerjaan lah yang tidak bisa saya tinggalkan, Kadang karena travelling lah yang membuat saya tergoda untuk tidak ikut kuliah satu periode, Kadang juga lagi benar-benar tidak ada duit sama sekali untuk bayar kuliah. Abis gimana dong...Biaya kuliah kan ditanggung sendiri yah. Jadi saya yang berwenang menentukan periode kali ini kuliah atau tidak. 

Selama satu minggu ini setiap pulang kerja selalu langsung main ke perpus. Wuiiididiiihhhhh....Anak teladaaann. Nongkrongnya di perpus mulu brooooo...hahahaha demi banget yakaaannnn biar bisa selesai skripsi tepat pada waktunya. Saya menargetkan diri sendiri untuk menyelesaikan selama 2 bulan. Ajaib kan keinginan saya ini, Padahal pinter juga kaga. Hahahaha.... Gak apa-Selagi ada usaha pasti ada jalannya kok. Hal yang paling terpenting itu ya niatnya aja dulu. Masalah selesai atau gak nya itu mah urussan nantiiiii!!!!

Sore hari di kampus yang masih sepi


Monday, 07 March 2016
Selesai sudah BAB I yang harus saya ajukan ke dosen pembimbing. Oiyaaaaa saya belum kasih tau yah siapa dospemnya. Kenalin nih dospem yang dulu juga pernah jadi pembimbing saya saat KKP, Namanya Rifqi Muflih. Saya gak mau komentar banyak tentang dospem saya, Tapi yang pasti ini dospem beda dari yang lainnya. Biasanya kan kita yah yang kejar-kejar dospem. Nah kalau dia beda broooo, Justru Pak Rifqi yang sering menanyakan kapan mau bimbingan sama dia. berasa jadi mahasiswi manja. Tapi kalau untuk skripsi kali ini, Pak Rifqi buat group whatsapp, Jadi tiap bimbingan bisa konsultasi langsung di whatsapp.

Monday, 14 March 2016
Selesai sudah BAB II dan BAB III akhirnya harus menghadap lagi ke Pak Rifqi. Kalian tau apa yang terjadi?? Coretan penuh berlalu lalang di BAB II tapi kalau BAB III udah oke semua. Baiklaaahhh saatnya ganti teori penelitian, Karena Pak Rifqi maunya lebih akurat lagi untuk Teori Penelitian yang saya pakai untuk bahan skripsi. Untuk BAB III sih saya ambil Postpositivisme, jadi udah gak ada masalah. Pengetikan pun juga banyak yang salah. Huhuuuu...Nasiiibbb-nasiiiibbbb mata panda deh nih endingnya -__-"


Beginilah tiap hari nya kalau nongki di Perpus

Friday, 1 April 2016
Yuuupppp...2 Minggu lalu Pak Rifqi pernah bilang untuk BAB I harus pakai Sistematika Penulisan. Sedangkan saya cek skripsi terdahulu di perpus BL tidak ada yang pakai Sistematika Penulisan kecuali Penciptaan Karya. Akhirnya Pak Rifqi minta untuk bertemu langsung hari ini. Baiklaaahhhh....Demi kelancaran penulisan saya turuti saja maunya dospem. Nah karena janjiannya masih lama, Jadi saya mampir sebentar ke Perpus untuk cari yang diminta dospem. Dan hasilnya nihil dong, Semua skripsi gak ada yang pake Sistematika Penulisan. Tapi dospem saya ini malah inginnya harus pake sistematika Penulisan. Asli dilema abis kalo kaya gini caranya -___-"


Kenalin temen gw satu angkatan tahun 2007 bernama Yudi 
Hahahahaa...Gw masih punya temen senasib sampai sekarang. Yeeess!!!

Thursday, 14 April 2016
Karena saatnya interview narasumber sudah akan dimulai, Maka saya harus minta Surat Riset Perusahaan dari Kampus. Ternyata sekarang sudah ada perubahan. Kalau mau minta Surat Riset Perusahaan tidak perlu lagi datang ke BAAK melainkan sudah bisa online. Nah karena saya mahasiswi Fakultas Komunikasi. Jadi bisa langsung masuk ke web nya anak Fikom di www.fikom.budiluhur.ac.id . Buat kalian anak Fikom, Berikut caranya yang bisa kamu ikuti yah :


Masuk ke www.fikom.budiluhur.ac.id



Pilih Formulir Surat Online

Seperti yang sudah saya lingkari





Pilih Formulir Surat Riset, Lanjutkan
Seperti yang sudah saya lingkari




Masukkan Nama, NIM, Nama Perusahaan dan Alamat Perusahaan

Ketentuan untuk Riset Perusahaan bisa mandiri atau Kelompok Max 3 orang




Setelah selesai, Surat bisa diambil ke Sekre Fikom setelah 2 hari kerja
Wednesday, 20 April 2016
Saatnya Riset Perusahaan untuk interview Key Informan dan juga 2 Informan di Celebrity Fitness. Beruntungnya saya memiliki teman yang bekerja disana sebagai Operation Manager. Jadi saya bisa tanya-tanya mengenai Kepuasan Pelanggan terhadap Celebrity Fitness. Biar bagaimana pun, Segede apapun perusahaan tersebut...Menjaga kepuasan pelanggan itu sangatlah penting karena pelanggan termasuk dari jantungnya sebuah perusahaan. Berbagai macam cara dilakukan pihak Celebrity Fitness agar tetap menjaga pelanggan puas terhadap pelayanan Customer Relations. Maka dari itu, Pihak Customer Relations selalu mencari celah agar Pelanggan tidak bosan dengan program yang diberikan Celebrity Fitness. Berikut beberapa foto saat Peneliti melakukan interview kepada Key Informan juga 2 Informan Celebrity Fitness.


Dian dan Ike as Operation Manager

Ike adalah Key Informan yang ditunjuk oleh Peneliti
Wednesday, 27 April 2016
Wohoooo....Bab 1 - Bab 5 udah selesai semua, Target saya pas juga. Sebelum bulan May harus sudah selesai semua. Walaupun untuk hasil wawancara mendalamnya belum diketik namun inti dari pembahasan skripsi saya udah kelar. Lanjut hubungi dospem untuk bimbingan yang seharusnya jam 5 sore berubah jadi jam 8 malam karena saat saya pulang kantor tidak dapat gojek ataupun grab bike. Kalau naik bis atau metro mini bisa makan waktu 2 jam ke kampus. Kalau naik motor kan sejam aja juga sampai di kampus. Maklum jarak dari SCBD ke Ciledug sebenarnya tidak jauh tapi macetnya ituloh. Wassalamualaikuuummmmm...Padeetttt meeennnn. Saya udah gak tau lagi harus berbuat apa. Baiklah tanpa pikir panjang saya pun minta reschedule untuk ketemu dimalam hari setelah mengajar malam. Saya sudah sampai kampus jam 8 malam tapi sayang ternyata dospem saya masih mengajar hingga jam 9 malam. Sedih ameeettt yaaa nasib saya...Nunggu sendirian didepan kelas sejam. Untung masih ada sisa teman yang saya kenal dikampus. Jadi ada yang temenin saya ngobrol deh selama nunggu di kampus. Gak kerasa juga udah jam 9 aja. Waktunya revisi penulisan yang salah-salah. Ternyata penulisan saya gak semuanya salah, Hanya tata letak di penulisannya aja yang harus dibenerin. Alhamdulillah tenang deh yaaa kalo revisinya gak terlalu banyak.

Tuesday, 7 June 2016
11.00 PM Saya sudah mejeng di Perpustakaan Kampus karena masih ada beberapa lampiran yang belum selesai, Sedangkan Pak Rifqi minta berkas skripsi harus sudah selesai hari ini juga. Saat itu juga saya lihat contoh di perpus dari peneliti terdahulu. Baru juga sejam minjem skripsi peneliti terdahulu malah disuruh dikembalikan lagi. Dooohhh masih banyak banget yang belum kelar. Ternyata untuk skripsi peneliti terdahulu ada waktu peminjaman yaitu dari pukul 09.00 AM - 12.00 PM lalu buka lagi pada pukul 17.00 PM - 20.00 PM. Karena saya gak mau nunggu lama sampai jam 5 sore, Sudah saja saya kerjakan semampu mungkin. Toh tinggal lampiran aja sih, yang penting kan tau urutannya apa aja. Setelah saya menyelesaikan semua bahan skripsi saya. Akhirnya saya pun menghubungi dosen pembimbing dan berharap beliau ada dikampus saat itu juga. And you know whaaatttt?!? Dospem nya gak ada dong dan katanya jam 4 sore baru akan sampai dikampus karena ada kelas. Yasudahlah mau gak mau saya tunggu aja dikampus daripada harus pulang dulu kerumah. Memang sih jarak kampus ke rumah gak begitu jauh tapi males aja yah harus pulang panas-panasan. Mana lagi puasakan, Tar haus lagi #ehmaap heeehehehee....

Menurut info yang saya dapat dari Pak Rifqi hanya print seluruh berkas skripsi dan nanti akan beliau tanda tangani semuanya. Tapi pas dikumpulkan berkas skripsi ke Pak Lubis, Kita harus langsung mengcopy 3 skripsi untuk dosen penguji. Waduuuhhh infonya gak jelas nih dari Pak Rifqi. Walhasil saya pun harus kembali lagi ke kampus besok. Karena saya sudah capek dikampus dari siang sampe sore. Belum lagi kan udah mau buka puasa, Makanya besok aja biar semuanya kelar dan gak ketar-ketir. Untuk copy-an skripsi bagian jilid depan belakang menggunakan karton coklat dan yang aslinya kita pegang. Okeeehh cukup jelas kan infonya. Semoga besok gak ditolak Pak Lubis lagi. Amiiinnn...Doakan supaya lancar yaaaa. Amiiinnnn....

Wednesday, 8 June 2016
Sepulang kerja saya pun sudah menyiapkan semua berkas untuk dosen penguji. Tepat pukul 17.40 PM saya suah sampai kampus untuk memberikan berkas copy-an skripsi. Tapi setelah sampai di Sekre Fikom bertemu dengan Bu Rini dan Pak Lubis. Lagi..Lagi...Masih aja ditolak dong karena kurang copy-an sertifikat sebanyak 5 buah dan juga transkip nilai. Owalaaaahhhh...Begini amet yaaa nasib saya. Berkali-kali ditolak karena banyak yang kurang gegara informasi yang saya terima gak lengkap. Untungnya Pak Lubis baik banget, Beliau mau keep copy-an skripsi saya agar saya gak perlu bawa-bawa berkas itu lagi. Jadi keesokan harinya baru deh saya datang lagi ke kampus untuk melengkapi semuanya.

Thursday, 9 June 2016
Pukul 18.20 PM Saya sudah sampai di sekre Fikom, Beruntungnya saya disana masih ada Bu Rini. Pas banget Bu Rini udah beresin mejanya. Jadi saya bisa simpan semua copy-an skripsi dan juga berkas yang belum dilengkapi. Walopun Bu Rini agak ngomel dikit gegara saya datangnya mepet. Hihihiii...Makasih banyak ya Bu Rini, Setidaknya berkas skripsian saya sudah diterima dengan baik.

Buat kalian yang mempersiapkan skripsi dan akan mengumpulkan hasil skripsian. Perlu diperhatikan apa saja yang menjadi kelengkapan Skripsi kalian :
  1. Minta Kartu Bimbingan ke BAAK
  2. Minta Tanda Tangan Dosen Pembimbing
  3. Jangan lupa bikin 3 copy Skripsi untuk Dosen Penguji. Ingat yah, Copy Skripsian berwarna coklat untuk FIKOM
  4. Selipkan copy-an Sertifikat 5bh dan Transkrip Nilai terakhir
  5. Setelah semuanya lengkap, Datangi Sekre Fikom dan kasih semua berkas ke Bu Rini atau Pak Lubis. Catat Nama, Nim dan Judul Skripsi
  6. Selesaaaaiiii, Tinggal tunggu info Sidang aja yah.
Monday, 13 June 2016
Pukul 09.00 AM Saatnya daftar Sidang Skripsi melalu Web dengan cara :
  1. Buka Link www.budiluhur.ac.id
  2. Masukkan Nim dan Password
  3. Pilih Daftar Sidang TA di kolom Transaksi Online
  4. Tahun Ajaran 2015/2016. Semester Genap. Klik TAMPILKAN!
  5. Biasanya suka ada kendala dalam Daftar Sidang. Seperti dibawah ini :
Lihat kolom Biru 
"Pendaftaran Sidang melalui Web Sudah Ditutup"

Menurut saya agak aneh yah, Padahal tanggal 13 June 2016 itu adalah hari awal dimana seluruh mahasiswa bisa Daftar Sidang, Tapi ternyata ada beberapa mahasiswa termasuk saya yang tidak bisa Daftar Sidang. Memang sih disana ada tulisan *)Anda belum tentu bisa mendaftarkan sidang melalui web meskipun tanggal pendaftaran belum ditutup. Dan benar saja, Terjadi juga kalau saya tidak bisa daftar karena daftar web sudah ditutup. 

Duuuhhh tau sendiri kan yah, males banget harus ke kampus lagi. Saya udah beberapa hari ini banyak ijin ke kantor untuk masuk siang, Kerja setengah hari dan juga cuti. Untung punya atasan yang baik dan selalu approve kalau saya ada kendala dengan skripsi saya. Yasalaaaaammmm...Kapan berakhirnya sih nih kuliah. Capek ini (-___-")

12.10 PM Namanya juga penasaran, Saya terus mencoba agar bisa Daftar Sidang. Tapi emang Web nya lagi ngaco deh kayanya. Akhirnya bisa juga Daftar Sidang Tanggal 20 Juli 2016 Pukul 13.30PM. Tapi anehnya saat saya mau cetak Jadwal Sidang (PDF) Keluar pernyataan kalau saya belum daftar Sidang


Nah inilah pernyataan kalau Jadwal Sidang saya hari Rabu, 20 Juli 2016
Lihat bagian yang saya lingkari
"Anda Belum Mendaftar Sidang"
Duuhh ada apa lagi sih ini, Masih aja belom bener Daftar Sidang nya. Berkali-kali saya coba terus dan akhirnya bisa juga. Yeaaaayyyyy...Jadi juga Sidang Skripsinya. Abis lebaran banget iniiiii Sidangnya. Emang cobaan banget yaaaahhhh. Tau sendiri kan kalau abis lebaran bawaannya males banget. Tapi gak boleh males...Ini kesempatan terakhir dan harus selesai tahun ini juga. Pokoknya HARUS!!!


Alhamdulillah yaaahhhh




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.